Laporan Akhir 2 Modul 2
Percobaan 2
1. Jurnal [Kembali]
2. Alat dan Bahan [Kembali]
1. Alat
a.. Jumper
Gambar 2. Jumper
3. Rangkaian Simulasi[Kembali]
4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]
Rangkaian pada gambar adalah rangkaian yang
menggunakan flip-flop JK (IC 74LS112). Berikut adalah penjelasan tentang
komponen utama dan cara kerja rangkaian ini:
Komponen Utama:
- IC
     74LS112 (U1):
- Ini
      adalah IC yang mengandung dua flip-flop JK.
- Input
      utama adalah J, K, dan CLK (clock).
- Output
      adalah Q dan Q̅ (komplemen dari Q).
- Switch
     SPDT (Single Pole Double Throw):
- B0
      dan B1: Switch ini digunakan untuk mengatur logika input J dan K.
- B1:
      Switch ini juga digunakan untuk mengatur clock input ke flip-flop.
- VCC
     dan Ground:
- VCC
      adalah sumber daya positif.
- Ground
      adalah referensi tegangan nol.
Cara Kerja Rangkaian:
- Input
     dan Output:
- Input
      J dan K: Diatur oleh switch B0 dan B1.
- Clock
      (CLK): Diatur oleh switch B1.
- Output
      Q dan Q̅: Menunjukkan status flip-flop.
- Logika
     Flip-flop JK:
- J
      = 0, K = 0: Output Q tidak berubah (mempertahankan nilai sebelumnya).
- J
      = 0, K = 1: Output Q akan menjadi 0 (reset).
- J
      = 1, K = 0: Output Q akan menjadi 1 (set).
- J
      = 1, K = 1: Output Q akan toggle (berubah dari 0 ke 1 atau
      sebaliknya).
Langkah-langkah Operasi:
- Mengatur
     Switch:
- Atur
      switch B0 dan B1 untuk memberikan logika input ke J dan K.
- Atur
      switch B1 untuk memberikan sinyal clock.
- Memicu
     Flip-flop:
- Ketika
      clock menerima sinyal pemicu (transisi dari rendah ke tinggi), flip-flop
      akan mengevaluasi input J dan K untuk menentukan status output Q dan Q̅.
Contoh:
- Jika
     switch B0 diatur ke posisi 1 dan switch B1 diatur ke posisi 0, maka J = 1
     dan K = 0, yang berarti output Q akan menjadi 1 (set).
- Jika
     switch B0 diatur ke posisi 0 dan switch B1 diatur ke posisi 1, maka J = 0
     dan K = 1, yang berarti output Q akan menjadi 0 (reset).
Kesimpulan:
Rangkaian ini menggunakan flip-flop JK untuk menyimpan dan
memanipulasi data logika berdasarkan input J, K, dan sinyal clock. Pengaturan
switch SPDT memungkinkan pengguna untuk mengubah logika input dan memicu
perubahan status flip-flop, yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi
digital seperti counter, register, dan memori.








 
.png) 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar